Analisis Kebutuhan Bahasa Jepang Mahasiswa Politeknik Pariwisata Bali dengan Latar Bahasa Lokal yang Berbeda untuk Program Training ke Jepang

Niken Launingtia, I Gusti Ayu (2021) Analisis Kebutuhan Bahasa Jepang Mahasiswa Politeknik Pariwisata Bali dengan Latar Bahasa Lokal yang Berbeda untuk Program Training ke Jepang. Cakrawala Kajian Bahasa-bahasa Nusantara, 7 (1). ISSN 2442-3475

[img] Text
Jurnal Tutur.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan yang diperlukan bahasa Jepang pada mahasiswa Politeknik Pariwisata Bali untuk program Training ke Jepang karena dalam bahasa Jepang intonasi dan setiap penjedaan saat berbicara itu sangat diperhitungkan. terkadang perbedaan intonasi dan penjedaan saat berbicara atau mengucapkan bahasa Jepang yang salah membuat lawan bicara susah menangkap arti yang dibicarakan oleh lawannya. mahasiswa di kampus Politeknik Pariwisata Bali berasal dari berbagai daerah yang mempunyai logat/ dialek bahasa lokal yang berbeda-beda. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Behaviorisme karena dengan teori ini mahasiswa diajarkan bahasa Jepang dengan cara audio-visual yang meningkatkan stimulus dalam melafalkan, intonasi, cara merespon lawan bicara yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dengan cara obseravasi logat dari mahasiswa kemudian dilatih pelafalan bahasa Jepang yang baik. Metode audio-visual yang bertujuan melatih mahasiswa dalam pelafalan, intonasi bahasa Jepang dan cara merespon tamu sesuai standar hotel di Jepang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa sebelum melakukan training saat pembelajaran hanya menggunakan teori kognitif, jadi mereka hanya menghafal materi saja tanpa ada prakteknya, maka dari itu saat melakukan training ke Jepang mahasiswa mengalami sedikit kendala saat melayani tamu di restauran karena kesalahan memahami keinginan tamu, namun saat melayani check in, check out dan pembelian tiken onsen mengalami sedikit kendalan tentang kosa kata, namun tidak mengalami kendala bahasa baik secara pelafalan, intonasi dan cara melayani tamu dan bodylanguage mereka sudah bisa mengikuti seperti standar di hotel Jepang.

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Studi > Manajemen Divisi Kamar
Depositing User: I Gusti Ayu Niken Launingtia
Date Deposited: 29 Mar 2023 04:08
Last Modified: 29 Mar 2023 04:08
URI: http://repo.ppb.ac.id/id/eprint/269

Actions (login required)

View Item View Item