Luh Yusni Wiarti, - HOMESTAY: PELUANG ATAU ANCAMAN? STUDI KASUS PENGEMBANGAN PARTISIPASI MASYARAKAT LOKAL DI KEK MANDALIKA LOMBOK NUSA TENGGARA BARAT. In: HOMESTAY MOZAIK PARIWISATA BERBASIS KERAKYATAN. Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakay Poltekpar Bali. ISBN 978-602-51521-1-5
Text
Luh Yusni Wiarti.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pembangunan kepariwisataan nasional diarahkan untuk mengembangkan 4 pilar pembangunan pariwisata (Pasal 7 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009). Hal tersebut diperkuat dalam Pasal 2 ayat 1 Peraturan Pemerintah Tahun 50 Tahun 2011 Tentang Rencana Induk Pembanguanan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010 – 2025 yang menegaskan bahwa pembangunan kepariwisataan Indonesia meliputi pembangunan di 4 bidang yaitu 1). Destinasi pariwisata, 2). Industri pariwisata, 3). Pemasaran pariwisata, dan 4). Kelembagaan Pariwisata. Khusus di bidang pembangunan destinasi pariwisata, dilakukan dengan menetapkan 50 Destinasi Pariwisata Nasional (DPN) yang letaknya tersebar di 33 provinsi yang ada di dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam 50 DPN tersebut, terdapat 88 buah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dimana Pulau Lombok dan Gili Tramena dan kawasan sekitarnya merupakan salah satu dari 50 DPN.. Pulau Lombok memiliki berbagai potensi wisata yang menarik (wawancara dengan Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Lombok, Bapak Lalu Putria, 3 Pebruari 2017). Pantai Kute, Pantai Selong Belanak, Pantai Tanjung Aan, Desa Sade, Desa Sukarare, Taman Narmada dan Legenda Putri Mandalika telah lama mempesona para pengunjungnya. Hal tersebut mengakibatkan adanya usaha untuk mengembangkan Pulau Lombok menjadi pulau tujuan wisata terkemuka.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Studi > Destinasi Pariwisata |
Depositing User: | Unnamed user with email puslitstpbali@gmail.com |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 02:57 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 02:57 |
URI: | http://repo.ppb.ac.id/id/eprint/27 |
Actions (login required)
View Item |